21 August 2010

Operasi Bintitan

Kejadian ini sebenarnya sudah berlangsung lebih dari setahun yang lalu. Ceritanya suatu pagi tiba-tiba mata kiri saya terasa berat, lihat di cermin ketahuan deh kalau matanya kena bintitan. Saya cuekin saja, dalam pikiran saya bintitan ini nantinya akan hilang sendiri.Tapi anehnya semakin hari bintitan saya malah bertambah jadi ada tiga, dan semua berkumpul di mata sebelah kiri.

Setelah sebulan tidak kunjung hilang bintitannya, saya pun coba kontak adik saya yang apoteker dan kerja dengan dokter spesialis mata. Minta tolong di berikan nama obat yang bagus lah untuk mata saya. Adik sayapun memberikan beberapa nama obat, ada yang obat tetes ada pula yang obat untuk di minum (anti biotik). Saya juga mencoba googling home terapi untuk bintitan, termasuk kompres air hangat pada bintitan itu. Tapi obat yang diberikan sudah habis, saya pun sudah kompres bintitannya tapi tidak ada perubahan. Bintitan itu masih betah mengeram di mata kiri saya.

Bulan ke dua, saya mendatangi klinik orbita di jalan Pettarani Makassar. Bertemu dengan dokter Halimah, seorang dokter spesialis mata. Setelah di periksa, dokter curiga ini bintitan yang telah infeksi dan berubah menjadi infeksi granulomatus. Memang bintitan ini lumayan besar. Dokter memberikan antibiotics tablet dan tetes. Saya di suruh datang lagi berkunjung seminggu ke depan untuk melihat apakah bintitan itu mengecil setelah di berikan medicine. Setelah seminggu, saya datang lagi dan memang bintitan itu mengecil. Obat yang sama di kasih lagi, seminggu lagi disuruh datang.

Minggu berikutnya kami datang lagi, bintitan itu masih juga betah bertapa di mata kiri saya. Akhirnya dokter memberikan pilihan insisi dan kuretase pada hordeolum atau bahasa awamnya operasi pada bintitan tersebut. Saya langsung mengiyakan, puyeng juga nih bintitan udah 3 bulan gak mau hilang. Menurut dokter dan hasil googling juga, bintitan atau bahasa kedokterannya hordeolum disebabkan oleh bakteri.

Saat operasi tiba, masuk ruang operasi yang super duper dingiiinn dengan menggunakan pakaian steril. Mata saya di bersihkan dulu...perihhh tapi masih coba tahan. Saat bintitan di insisi uhhhfffffffff sakiiiiiit, dokter dibantu asistennya memecahkan nanah pada bintitan itu ampiuuuuuuuuuunnnn dehhhhh perihnya.

Setelah bintitannya selesai di insisi, mata saya dibasuh betadine...wooww.... perrriihhhhhh ampe mau nangis saya. Prosesnya berlangsung 1-2 jam.

Tapi proses insisi hordeolum ini tidak menjamin kalau bintitan gak balik lagi, buktinya sebulan setelah operasi kambuh lagi tuh bintitannya tetap di mata kiri (demen banget ama mata kiri gue). Tapi untungnya cepat hilang.

18 comments:

  1. hai. boleh bertanyakah? saya udah seminggu operasi bintilan di mata kiri saya, operasinya si, hanya krg lebih stngah jam.sehari setelah operasi, perban pun dibuka, tapi benjolannya masih ada wLaupun kecil. trus setelah seminggu bintilanku malah ada lagi (ada segumpal darah di kelopak). mau nanya, kmu waktu itu setelah operasi langsung hilang benjolannya apa masih ada bekasnya? trus pas kambuh lagi, itu hilang dengan sendirinya ya?


    makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  2. Thanks udah berkunjing disini
    Kalo soal bintitan itu, pas habis operasi, iya benjolannya memang masih ada dan berangsur hilang sendiri.
    Pas kambuh lagi, saya hanya coba mengurangi makanan yg banyak msg nya karena setelah saya perhatikan bintitan saya disebabkan karena alergi msg. Semoga cepat sembuh yah :)

    ReplyDelete
  3. waa aku sekarang lagi bintitan, masih 2 hari sih. bintitannya ada di mata kiri bagian bawah.
    sakitnya minta ampun. soalnya aku untuk kesekian kalinya ngerasain ini. tapi ini yang paling sakit. parahnya bekas bintitanku sekitar 2 bulan yang lalu itu belum hilang (dimata kiri juga) jadi masih ada benjolan. eh sekarang ada lagi cuma geser dikit posisinya.
    kakakku nyaranin ke dokter buat dikeluarin n dibersihin seakar2nya, tapi katanya harus nunggu tua, kamu dulu sempet gitu? apa langsung operasi aja?

    ReplyDelete
  4. Mending ke dokter aja, dokter gak akan langsung insisi pasti di kasi antibiotik dulu. Sebaiknya kamu mesti tau pemicunya apa karena bintitan disebabkan karena alergi.

    Kalau aku, pemicunya kalau aku terlalu banyak makan msg. Jadi sekarang benar-benar hati-hati gak bisa sembarang makan, takut bintitan lagi :)

    ReplyDelete
  5. mau nanya, aku baru 2 hari habis insisi hordeulum...tapi kok benjolannya masih ada ya, terus sering keluar semacam nanah dr mataku. trims ya!

    ReplyDelete
  6. irwan

    emm.. mau nanyak ne,biaya operasinya brpa ya?
    mahal gak?

    pliss.. reply na.. ^^

    ReplyDelete
  7. Maav,, mau tanya biaya insisi di rumah sakit orbita berapaan? saya mau ke orbita, mau insisi. karena mata sy sudah ada 5 bulan tidak hilang bekas bintitnya.

    Makasih

    ReplyDelete
  8. ane sudah di operasi udh seminggu tpi kuq jendolannya masih ada yah dan sekarang kyanya bintitanya numbuh lgi nie jdi apa yang harus saya lakuin

    ReplyDelete
  9. maav,..saya mau tanya
    Saya sudah di insisi seminggu yang lalu tpi jendolannya masih ada dan sekarang kyanya bintitannya tumbuh kembali
    Trus gmn cara biar menghilangkan jendolannya dan bintitannya?????

    ReplyDelete
  10. maav,..saya mau tanya
    Saya sudah di insisi seminggu yang lalu tpi jendolannya masih ada dan sekarang kyanya bintitannya tumbuh kembali
    Trus gmn cara biar menghilangkan jendolannya dan bintitannya?

    ReplyDelete
  11. Maaf mas Alvin, sy baru sempat buka blog ini lagi.
    Saya juga sering timbul kembali jendolannya bahkan setelah 3 tahun insisi. Setelah saya perhatikan, ternyata jendolan dimata saya muncul saat saya kebanyakan makan MSG. Kalau berhenti makan, jendolannya gak muncul.

    ReplyDelete
  12. Nah aku kan baru sekitar 3 hari yg lalu bintitan udh sembuh sih tapi bekasnya belum sembuh malah jd mengeras
    sama bekas bintitan yg dulu juga jd mengeras
    nah jd gimana dongg..?
    Mksh buat sarannya

    ReplyDelete
  13. operasi insisi itu gmna? apakah dengan operasi, bekas bintitan langsung menghilang?

    ReplyDelete
  14. Insisi itu, operasi kecil dengan mengeluarkan nanah dalam bintitan. setelah operasi bekasnya gak langsung hilang

    ReplyDelete
  15. maaf mba saya mau tanya biaya insisi kira2 brapa ya, saya sudah 10 hari bintitan tapi benjolannya tidak hilang2..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba, saya dah lupa biayanya. soalnya sudah 5 thn lalu. Oya, coba deh sebelum ke dokter mba pikir2 kira2 mba alergi makan apa. soalnya itu terjadi disaya, kalo kebanyakan makan MSG bintitannya kambuh, tapi kalo sy gak makan bintitannya hilang sendiri

      Delete
  16. saya sudah 2kali di operasi. tapi tetep tumbuh. dan kata dokter memang alergi seafood. tp setelah coba menghindari kadang tetep aja kambuh. saya bingung sendiri harus gimana lagi. saya takut untuk dioperasi lagi.

    ReplyDelete
  17. mba... mau tanya aku terkena bintitan udah hampir 2 bulan tpi bintitan nya sudah mengecil tapi blom ilang2 jga pda hal aku udah kompres pke air panas + udah di obatin pke salep, apakah aku harus operasi...?

    terus apakah ada dampak bintitan itu bakalan permanen...?

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!