14 August 2010

Resep Martabak Kulit Lumpia


Ini sebenarnya recipe asal-asalan..he..he, karena udah pengen banget makan martabak telor. Nyari resepnya di om google, ternyata bikin kulitnya lumayan ribet karena mesti di rendam pake minyak segala. Tapi tiba-tiba mata tertuju sama salah satu resep yang kulitnya dari kulit lumpia, resep aslinya disini
Tapi saya tidak menggunakan resep sepenuhnya ada beberapa bahan yang saya kurangi..sesuai yang saya liat pas beli martabak telor di abang-abang pinggir jalan..he..he. Resepku sangat simple.

Yukkk di cobain recipe-nya

Bahan :
  • 6 buah kulit lumpia (Lumpia wrappers)
  • Minyak untuk menggoreng (corn oil)
  • 1/2 sdm kanji+1 sdm air (untuk melekatkan kulit lumpia)

Bahan Isi:
  • 1 buah dada ayam cincang (harusnya daging sapi giling, tapi stock di kulkas habis jadi kuganti dengan ayam)
  • 2 buah bawang putih (garlic)
  • 1 buah bawang merah
  • merica bubuk 1/4 sdt
  • kaldu blok rasa ayam, sedikiiiiit aja
  • garam sejumput
  • 20 ml air
  • 2-3 butir telur
  • 5 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat
  1. Isi: Haluskan bawang merah,bawang putih. Tumis sampai harum, masukkan garam, merica bubuk , kaldu ayam, ayam cincang dan air. Masak hingga ayam matang dan air menyusut. Angkat.
  2. Kocok lepas 2 butir telur, tambahkan ayam yang telah ditumis, tambahkan irisan daun bawang. Aduk rata
  3. Ambil satu buah kulit lumpia, isi di tengahnya dengan 1 sdm campuran isi. Lipat seperti membungkus kado. Olesi tiap ujung kulit lumpia dengan campuran kanji+air
  4. Goreng pada minyak panas, hingga martabak berwarna kecoklatan
  5. Sajikan
Selamat mencoba!!!!!

Sisa dari Lumpia wrappers bisa di simpan di freezer.

3 comments:

  1. Martabak, menu spesial yang khas dan lezat. Cocok sekali sebagai salah satu pilihan menu untuk berbuka puasa. Trims atas info resep Martabak kulit Lumpia. Salam sukses.

    ReplyDelete
  2. Salam sukses juga mas Herdoni!!!

    ReplyDelete
  3. maaf komennya telat daripada postingannya. hehe.
    kalo misalkan ngga ada daging ayam / daging sapi, bisa diganti pake kornet ngga tuh?

    ReplyDelete

Berkomentar yang sopan sangat disenangi, komentar spam akan di hapus. Thanks!!